Sabtu, 13 Juli 2019

SGM Eksplor 3Plus Mendukung Semangat Sekolah Si Kecil dengan Nutrisi Seimbang

      Saat ini, perkembangan dunia pendidikan sudah sangat maju di Indonesia. Saya masih ingat klo dahulu saya sekolah itu dari tingkat TK (5 tahun). Tetapi saat ini, sudah banyak sekolah sejak usia 3 tahun bahkan anak teman saya sendiri menyekolahkan anaknya sejak usia 6 bulan. Teman saya berpendapat bahwa, di sekolah anaknya tsb di ajarkan atau di stimulus pekembangan motoriknya, bagaimana cara merangkak, meraih sesuatu, mendengarkan dongeng dsb. Dengan pengalaman teman saya tsb, saya jadi berfikir, bahwa pemenuhan nutrisi seimbang merupakan fondasi penting dalam mendukung tumbuh kembang sang anak.  
    

   “Nutrisi seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak untuk menerima stimulasi dan pendidikan di sekolah. Untuk itu, dalam menjaga semangat di Hari Pertama Sekolah, peran orangtua sangat penting untuk memastikan bahwa sang anak telah mendapatkan nutrisi seimbang dalam pola makan sehari-hari, penjelasan dari dr. Nurul Ratna Mutu Manikan, M.Gizi, SPGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik. Pendidikan formal sejak dini di Indonesia saat ini mencapai peningkatan jumlah partisipasi anak usia 3-6 tahun dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sejak tahun 2016 (72,35%)
1 hingga 2018 (74,28%)
2. Di saat bersamaan, ada lebih dari 4.6 juta anak Taman Kanak-Kanak (TK) yang tercatat pada tahun ajaran 2017/2018
3.

     
Dr. Andyda Meliala, pemerhati pendidikan anak usia dini dan pendiri Ressourceful Parenting Indonesia berbagi tentang pentinganya PAUD sebagai fondasi belajar anak dan mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan berikutnya. Pada usia 3-6 tahun, fungsi eksekutif otak anak akan dimulai dibentuk dan ini sangat penting bagi masa depan mereka kelak. Fungsi eksekutif otak4 tersebut antara lain pengendalian diri, ingatan untuk bekerja atau working memory dan fleksibilitas mental. Tiga hal tersebut adalah fungsi dasar yang akan membantu anak meraih higher order thinking yaitu kemampuan memecahkan masala, merencanakan dan memiliki pemikiran yang baik (reasoning). “Sebagian besar metode pembelajaran anak usia 3-6 tahun menuntut mereka untuk terus aktif bergerak, mulai dari praktek berbagai pengetahuan secara langsung hingga bermain bersama teman-temannya. Menurut sang dokter, tidak sedikit ditemukan anak-anak PAUD yang tidak fokus dan tampak lemas ketika berkegiatan karena tidak mendapatkan asupan nutrisi. Padahal untuk
mendukung semangat si kecil, dibutuhkan persiapan mental dan fisik, termasuk pemenuhan nutrisi yang seimbang.”
          


    Memiliki anak adalah impian setiap pasangan suami istri yang sudah menikah. Anak yang harapkan tentu saja anak yang sehat, tumbuh kembang baik serta cerdas. Untuk mendapatkan atau mencapai itu semua banyak hal yang mempengaruhi tentunya, mulai dari kesehatan orangtua (apakah ada penyakit turunan), lalu kesehatan atau persiapan pra kehamilan, kesehatan ibu saat hamil, makanan bergizi sang ibu saat hamil hingga sang anak di lahirkan, sang ibu harus mengkonsumsi makanan bergizi agar ASI yang diperuntukkan untuk sang anak juga bergizi dan setelah sang anak bisa makan maka makanan anak pun harus bergizi.

      Ayah, Bunda, makanan bergizi itu tidak harus mahal, yang mudah didapatkan disekeliling kita saja bisa misal sayur mayur banyak di pasar atau warung-warung atau abang gerobak begitu juga dengan protein hewani dan nabati, ada ikan kembung yang nilai gizi nya bahkan lebih bagus daripada ikan salmon, tempe tahu, dsb, itu semua mudah didapatkan. Ayah dan Bunda pasti tahu kan periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (semenjak di kandungan hingga anak 2 tahun), ini merupakan periode emas tumbuh kembang sang anak. Usia dini (3-6 tahun) juga merupakan periode penting karena pada usia inilah kemampuan berpikir anak berkembang dengan sangat pesat, terutama menangkap pelajaran dan stimulasi.


       Ditra Komala, brand Manager SGM Eksplor 3Plus menjelaskan bahwa “Kami percaya pemenuhan nutrisi seimbang merupakan fondasi penting dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak. Apalagi saat memasuki usia sekolah si Kecil akan menerima berbagai stimulasi yang menjadikannya Anak Generasi Maju yang kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri dan percaya diri. Tetapi sayangnya 8 dari 10 anak Indonesia usia sekolah (4-12 tahun) kekurangan Omega-3 (EPA+DHA)5. Dalam jangka panjang hal ini dapat menghambat prestasi si Kecil di sekolah. Maka dari itu SGM Eksplor 3Plus melakukan rangkaian edukasi untuk mengingatkan orangtua tentang pentingnya pemenuhan nutrisi si Kecil di awal masa sekolahnya.”

      Jadi Bunda dan Ayah, pastikan anak-anak di rumah mendapatkan nutrisi seimbang dengan terus mengkonsumsi Susu SGM Eksplor 3Plus karena SGM Eksplor 3Plus adalah pelopor produk bernutrisi untuk ibu dan anak dan berkomitmen untuk terus mendukung terciptanya Anak Generasi Maju. Untuk membantu orangtua menyediakan asupan bernutrisi yang bermanfaat bagi kesiapan fisik anak dalam menyambut sekolah, SGM Eksplor menyediakan SGM Eksplor 3Plus yang dilengkapi dengn minyak ikan & Omega 3, Kalsium & Vitamin D, Zinc & Vitamin C dan serat pangan inulin.


Ditra Komala, Brand Manager SGM Eksplor 3Plus
Dr. andyda Meliala, pemerhati pendidikan anak usia dini dan pendiri Resouceful Parenting Indonesia
Dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
Ririn Dwi Aryanti, Artis sekaligus ibu empat anak
Immanuel Sembiring, Marketing Manager PT Sarihusada Generasi Mahardhika



1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017
2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018
3 Pusdatin Kemendikbud, 2018
4 Diamond A, Lee K.2011. Interventions and programs demonstrated to aid executive function development in children 4-12 years of age. Science 333:959-64 

5  Neufingerl et al, British of Nutrition 2016:15;687-93



40 komentar:

  1. wah ada acara sgm eksplor pasti seru sekali, btw di keluarga (ponakan) aku banyak banget yang minum susu sgm..

    BalasHapus
  2. duh aku belum punya anak sih yah, kalo punya udah aku kasih susu sgm nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee, sabar2..eh ya kasih ke ponakan aja kak, ,bisa juga tuh.

      Hapus
  3. ku juga ikutan aksi mendukung gizi seimbang untuk 33juta anak Indonesia loh kak. Meski belum berkeluarga aku mau nyiapin dari sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep banget kak, bagus itu kak, jadi punya ilmu nya duluu ya kak. Jadi nanti klo punya anak udah ada ilmu dan bisa action yang bener

      Hapus
  4. Soal gizi anak bener bener harus jadi concern orang tua ya. Makasih mbak buat sharingnya, saya jadi belajar sebelum jadi orang tua.

    BalasHapus
  5. Susu SGM EKsplor ini dapat membantu aku dalam memenuhi nutrisi anak, saat anak tidak mendapatkan nutrisi yang seimbang.

    BalasHapus
  6. karena susah makan dan agak pemilih, saya akhirnya berikan susu pertumbuhan pada si kecil. dan senangnyaaa... alhamdulillah nutrisinya tercukupi. tahu gak apa nama susu pertumbuhan Zril? SGM eksplor loh, tapi yg 1+

    BalasHapus
  7. Aku sangat perduli dengan gizi yang anak dapatkan, tapi ada kalanya aku juga worry ketika anak sedang melakukan tindakan tutup mulut..

    BalasHapus
  8. Setuju sekali, selain simulasi yang tepat, nutrisi memegang kunci tumbuh kembang pada anak. Sehingga pemberian nutrisi yang lengkap kandungan gizinya sangat penting di usia pertumbuhan anak.

    BalasHapus
  9. Anakku juga minum susu SGM sampe sekarang usia 4 tahun, bagus ya buat tambahan nutrisi anakku

    BalasHapus
  10. Dari yang aku baca memang, susu ini cukup baik untuk tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  11. Asupan gizi anak emang bakal pengaruh ke tumbuh kembangnya. Sebagai ibu, aku perhatiin banget nih asupan makanan dan susu pertumbuhan buat anaku. Pastinya aku juga mau dong anakku bisa tumbuh optimal dan cemerlang 🤭

    BalasHapus
  12. Susu pertumbuhan yang tepat ya mba untuk mendukung tumbuh kembang anak. Menariknya lagi ada acara eksplor SGM, wahh gak kebayang pasti bakal seru banget.

    BalasHapus
  13. Asupan nutrisi dan susu pertumbuhan anak memang sangat penting ya. Aku bangga melihat SGM yang selalu rutin sharing ilmu parenting.

    BalasHapus
  14. Aku dulu suka banget ngemil susu sgm punya adek aku karena susunya enak dan manisnya pas gitu lho *eh jadi curcol masa-masa kecil hehe

    BalasHapus
  15. Meskipun aku bukan anak SGM, tapi aku suka cara SGM mengedukasi masyarakat

    BalasHapus
  16. Nutrisi seimbang itu benar-benar sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Suka sekali dengan produsen susu yang buat acara seperti ini.

    BalasHapus
  17. Acara SGM nya bagus ya. Sangat mengedukasi sekali. Anakku suka minum SGM juga.

    BalasHapus
  18. Nutrisi seimbang emang perlu untuk usia tumbang( tumbuh kembang ) susu SGM membantu memberikan nutrisi yg di butuhkan anak . Aku juga memberikan susu SGM pada anakku

    BalasHapus
  19. Ananda juga minum susu SGM sampe umur 5 tahun alhamdulillah ananda sehat dan cerdas

    BalasHapus
  20. Yang namanya nutrisi emang penting banget ya, khususnya utk anak kecil, krn mereka masih bisa bertumbuh dan berkembang lebih optimal. Seusia anak PAUD apalagi. Harus bener2 diperhatikan, gak sekadar bikin kenyang tapi juga bergizi.

    BalasHapus
  21. Gizi dan nutrisi memang penting banget sih. Nanti keliatan banget pada saat anak sekolah.

    BalasHapus
  22. SGM ini salah satu produk susu yang sering banget melakukan sosialisasai pentingnya gizi dan nutrisi pada anak. Dengan adanya acara ini jadi makin banyak orang tua makin sadar akan kebutuhan anaknya.

    BalasHapus
  23. penting banget niy buat nutrisi anak biar selalu semangat dalam bermain dan belajar

    BalasHapus
  24. Pasti seru banget ini ilmu parentingnya ya Mba. Apalagi menyangkut asupan nutrisi anak pasti banyak ideanya.

    BalasHapus
  25. Betul mb...karena kalau nutrisi terpenuhi, anak jadi lebih bisa konsentrasi menerima hal-hak baru, termasuk mudah untuk beradaptasi juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bisa konsentrasi buat belajar hal-hal baru

      Hapus
  26. Buat anak, gizi bener bener harus terperhatikan banget ya mbak. Keren nih acaranya SGM. Semoga ibu ibu Indonesia semakin sadar pentingnya gizi dan makan seimbang untuk anak

    BalasHapus
  27. Setuju banget kalau makanan bergizi itu nggak harus mahal. Bahkan kita bisa nanam sayur sendiri. Pelihara ayam sendiri.

    BalasHapus
  28. Susu SGM udah jadi paling andalan yah dari jaman aku kecil. Kandungan nutrisinya memang dlyang dibutuhkan untuk support tumbuh kembang anak 😍

    BalasHapus
  29. Susu SGM ternyata punya banyak kandungan nutrisi nih. Co2k banget dikonsumsi oleh anak2 yang butuh gizi. Mereka pasti bangga dan bilang "Aku Anak SGM"

    BalasHapus
  30. Event SGM selalu bagus2ya, dulu saya suka ikutan. Talkshow nya sarat manfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya event nya bermanfaat bikin banyak orang nambah ilmu

      Hapus
  31. Nutrisi yang seimbang emang harus selalu diperhatikan, apalagi dengan adanya kemudahan karena sekarang agar nutrisi terpenuhi sudah bisa ditemukan dalam satu kemasan ya

    BalasHapus
  32. Senangnya SGM terus berinovasi buat kasih yang terbaik buat generasi bangsa ya mba :)

    BalasHapus
  33. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus