Rabu, 12 Februari 2014

Catper: Gunung Semeru

RIBUAN PENDAKI YANG RINDU AKAN TANAH TERTINGGI PULAU JAWA, YAKNI TANAH PARA DEWA (MAHAMERU), 14-19 NOV 2012

Perjalanan ke-2x nya menuju Tanah tertinggi di Jawa, Tanah para Dewa begitu orang-orang menyebutnya. Setelah sebelumnya Saya kesini terlebih dahulu dengan teman2 lain, kira2 10hr yang lalu…Lelah belum tuntas sepenuhnya, tetapi event ini harus tetap Saya ikuti karena sudah daftar jauh beberapa bulan yang lalu, juga dengan teman-teman baru, sehingga sangat disayangkan kalo sampai batal. Perjalanan kali ini, Kami mengikuti suatu event yang diselenggarakan oleh AVTECH, Pendakian Massal sekaligus bersih2 gunung itu sih temanya. Tapi rencana awal hanya untuk beberapa ratus peserta jadi bertambah konon katanya sampai seribu peserta…*entahlah

Kami berangkat pukul 14 Tanggal 14 Nov 2012, sebelumnya kami kumpul di st.senen. Kami menggunakan KA Matarmaja tujuan Jkt-Malang. Diantara kami masih banyak yang belum kenal jd sebelum naik KA, kami berkenalan seadanya. KA berangkat tepat pukul 14.00, hamper semua penumpang di dominasi oleh para pendaki gunung krn tujuan kita sama mengikuti acara Avtech Aksi Bersih Semeru.

Didalam KA kami terus mengenal satu sama lain, aku juga ketemu dengan teman dari UMU yaitu Mas Jati yang kebetulan satu gerbong. Ngobrol ngalor ngidul, foto-foto tidak ketinggalan, KA terus memaju menuju Malang, sampai di st.Cirebon sekitar pukul 17.00. Akhirnya sampai juga di st.Malang  sekitar pukul 8.30.hufft sekitar 18 jam-an kita semua menghabiskan waktu hanya di KA.

Tiba di st.Malang kita sarapan dl, juga sengaja ketemu dengan teman kantor yaitu Hamsah Fansuri yang kebetulan lagi mudik. Kita sarapan, istirahat, lalu berangkatlah kita menuju Tumpang dengan menyewa angkotsekitar pukul 9.45. Foto2 itu pasti kami lakukan, hehe

Sampai di Tumpang, kami daftar ulang ke Panitia, kami dapat baju atau kelompok warna Ungu, dan keberangkatan Menuju Ranu Pane masih mengantri dulu setelah kelompok biru, kuning, hijau yang jumlah pesertanya buanyak skali. Kami para peserta di kumpulkan di satu aula juga msh banyak yang duduk2 di pinggir jalan..Didalam aula kami di briefing tentang teknisnya pemberangkatan dan perjalanan nanti setelah di RanuPane. Selesai briefing kami makan siang, santai2 sambil menunggu hujan deras.

suasana di dalam aula

akhirnya tiba lha giliran kami naik jeep menuju RanuPane sekitar pukul 16.00.

siap2 berangkat
Sampai di RanuPane sekitar pukul 19.00, gerimis masih mengiringi langkah kami. Sampai di RanuPane kami bingung mau pasang tenda atau melanjutkan perjalanan min.sampai Ranukumbolo…Setelah didiskusikan akhirnya kami menginap di Musholla lantai atas sudah dapat ijin dari Imam Musholla. Kami semua naik ke atas, membereskan barang-barang menggelar matras lalu sleeping bag, lalu yang cowo2 membeli makan malam. Para wanita tetap standby di musholla (dingin, becek msh gerimis). Di musholla kami berkenalan dengan pendaki lain ternyata ada pendaki termuda usianya belum genap 1th kurang 1hari (20nov), hehe, namanya Mezzaluna asal dari Surabaya, sang ayah bernama Farid, Ibunya bernama Ririn. Alhamdulillah setidaknya kami tidak perlu repot pasang tenda dan tidak terlalu dingin karna berada dalam ruangan. Malam semakin larut, kami semua tertidur dalam dinginnya RanuPane yang bersuhu smp minus 5.

suasana di Ranupane
Pagi pun hadir, sebelum subuh kami sudah bangun untuk shalat lalu ssarapan dan siap2 berangkat menuju Semeru. Sebelum berangkat, aku menyempatkan diri untuk meminta foto Mezzaluna besama sang ayah sebagai bukti untuk UMU Magazine, pendaki termuda pada acara Avtech.
Mezzaluna n ayahnya
Kami selesai pukul 7.00, mengurus ke Panitia tidak bisa berangkat dulu yang tim ungu karna harus menunggu giliran tim biru, kuning, hijau..Males bgt kan kita semua sudah rapi tapi masih harus menunggu tim2 tsb, akhirnya kami memilih kabur untuk melapor sendiri ke pos pendaftaran eh ternyata tidak bisa dilayani karna kami dari acara Avtech harusnya mendaftrkan diri dengan panitia. Yaaa akhirnya kami tetap nekad jalan tanpa mendaftarkan diri kami ke Panitia maupun pos pendaftaran, surat keterangan sehat kami pun masih utuh kami simpan. Smoga kami semua selamat karna data kelompok kami tidak ada di panitia. Oya Mas Jati tidak jadi ikut ke Semeru, dia memilih mengganti haluan ke gunung lain saat berada di Tumpang.

Action sebelum start
Memulai start pukul 7.20 kami berfoto dulu di depan pos pendaftaran, di depan gerbang masuk Semeru, yaa kami sangat senang bisa melakukan pendakian ini. Lanjut kami mendaki, baru beberapa meter teman kami Putri mengalami mual kurang enak badan, jadilah lamban perjalanan, yang lain sudah terus jalan. Sampai akhirnya tiba di pos 1 sekitar pukul 8.35, istirahat, foto2, lanjut lagi sekitar pukul 8.42 terus jalan smp di pos 2 pukul 10.12, istirahat sebentar lanjut lagi 10.15, sampai pos 3 pukul 10.51, lanjut pos 4 pukul 12.20, dan tiba akhirnya sampai di Ranukumbolo pukul 12.30.
Selama perjalanan kami berkenalan dengan Ismi Rinjani, dia melakukan perjalanan seorang diri, tenda dia bocor saat di RanuPane akhirnya gabung dengan kelompok kami. Puas kami foto2 sebelum smp di Ranukumbolo karna dari atas Ranukumbolo terlihat sangat indah, kami tak mungkin melewatkan tanpa berfoto2 ria.

Diranukumbolo kami pun istirahat sambil masak juga shalat, berangkat dari Rakum pukul 14.30, kami mendaki tanjakan cinta, huft huft huftttt capek boo, kami memilih jalan pintas turunan dari tanjakan cinta jadi tidak melewati jalur yang muter. Tiba di oro-oro ombo..kami pasti foto2..Diperjalanan hujan mengguyur kami, semua memakai raincoat, akhirnya tiba juga di kali mati pukul 18.45, di kalimati sudah banyak tenda2 baik dari peserta Avtech maupun pendaki lain. Kami langsung mendirikan 3 tenda yaitu tenda mas manto, hanif, salwan. Yang cewe2 masak buat makan malam…Kami pun tidur sekitar pukul 10.41, yang cowo2 masih terus ngobrol.

Full fren
Pagiiii ini di kalimati kami bangun pukul 5, dingiin banget, yang cowo2 ngejar sunrise terus kami foto2 menikmati indahnya pagi di kalimati, udara yang segar..hmmm nikmatnya.

Icha @kalimati

Aku @kalimati

Pagi ini ada acara dari panitia Avtech pukul 8.00 tapi tidak terlalu diminati oleh para peserta, acara tsb ada pembagian doorprice dengan menjawab berbagai macam pertanyaan dari panitia. Aku memilih untuk mengabadikan foto acara tsb untuk aku serahkan pada UMU Magazine.

Acara Avtech, quiz2an
Sarapan panitia Avtech

Dipagi ini kami berpisah dengan 3 teman kami Rajab, Danu n Ismi yang memutuskan untuk menambah 1 hari untuk tujuan Puncak Mahameru. Yang lain memilih pulang karna kondisi n waktu yang tidak memungkinkan. InsyaAllah di 2013 kami yang lain akan sampai di Mahameru.

Setelah foto2 dengan berbagai macam gaya, berpamitan dengan 3 teman kami, kami pun melanjutkan perjalanan pulang pukul 10.15 berangkat dari kali mati, kami lewat oro-oro ombo yang muter ke atas tidak lewat jalan pintas yang nanjak abis, bisa sambil menikmati indahnya semeru
orooro ombo bawah
sang gagah dari orooro ombo bawah
orooro ombo atas
sampai di Ranukumbolo sekitar pukul 13.00, Alhamdulillah sampai di Ranukumbolo hujan deras, kami berteduh di pos ranukumbolo. Selesai hujan kami berkumpul kembali untuk masak makan siang sambil shalat.
Acara Avtech, Kami hanya numpang lewat
Rakum setelah hujan

Selesai makan kami berangkat lagi pukul 14.55,stop sebentar di Ranukumbolo bawah untuk melihat acara Avtech katanya sih ada mba Riyanni Djangkaru tapi kami tidak ikuti acara tersebut, kami terus melanjutkan perjalanan sampai di pos 4 itu pukul 15.45 pas hujan deras jd kami berteduh dulu dsana bersama  pendaki lain. Lanjutkan perjalanan pukul 16.00 masih diguyur gerimis sampai di pos 3 pukul 16.30 trs jalan 18.10 lanjut lagi sampai pos 1 pukul 19.15, huftt akhirnya sampai juga kami di pos 1 setelah melewati jalur yang lumayan licin. Lanjut dari pos 1 menuju RanuPane dengan kekompakkan tim kami..di iringi suara awas ranting, becek, nunduk..sampe di bawah sudah di daerah perkebunan warga, Putri mengalami keseleo 2 x akhirnya tas di bawa oleh mas aan. Hadeeuhh rempong2 ada2 aja deh loe make keseleo segala
Finish sampai RanuPane pukul 21.00 kami langsung menuju lantai 2 Musholla, kami tidur disana lagi…setidaknya lebih nyaman daripada di tenda. Kami masak untk makan malam, ada juga yang memilih untuk makan di warung/rumah warga.
Pagi tibaaaa, kami shalat subuh, sarapan n siap2 berangkat dari RanuPane pukul 8.10 menggunakan truk, perjalanan selama di truk kami bikin video tak lupa foto2 indahnya Bromo.

Pemandangan dari atas truk
Sampai di Tumpang pukul 9.15, sampai Tumpang, di Tumpang kami makan di Fun Chicken yang sudah kami idam2kan…Lalu setelah makan kami menuju st.Malang pukul 13.30…Akhirnya perjalanan kami usai kami menyantap bakso malang asli malang…hujan masih terus menemani langkah kami.

bakso malang depan stasiun malang
Finish kami berangkat dr st.Malang pukul 14.55, menuju Ibukota tercinta kota kampret…Di KA Matarmaja kami lebih santai, kami melihat hasil2 foto dari kamera teman2, kami tetap ceria, becanda, ngobrol, tidur dengan berbagai posisi. Hahaha..Nikmati sajalah. Sampai Jakarta sekitar pukul 10.00an, tadinya aku rencana untuk melanjutkan bekerja tapi sudah terlalu siang akhirnya diputuskan untuk pulang naik krl dar jt.negara bareng icha.Yang turun di st. jatinegara aku, icha, mas manto n putri. Yang lain, hanif, adio, ari, aan turun di st.senen.
Ceria, kebersamaan, kekompakan, niat yang baik, adab di alam akan sangat menentukan proses dan hasil selama kita melakukan perjalanan kemanapun tujuan kita
                                                                                                   Terimakasih, Citayam 5/1/2013, 11.43

"Seruuu itu Pasti, Kebersamaan itu Penting, PUNCAK/SUMMIT itu Bonus, Narsis itu WAJIB"