Selasa, 21 Januari 2014

Catper: Gunung Krakatau

Keindahan Pantai mengelilingi Anak G.Krakatau 22-24 Februari 2013

Keinginan untuk berkunjung ke Krakatau sejak lama, akhirnya terwujud setelah diskusi antara aku, mas Arif n mas Ferhat, kami mencari info travel di Backpacker Indonesia, ada beberapa tanggal trip kesana, kami pun memilih tanggal 22-24 Feb 2013. Setelah diputuskan tanggal tsb, kami mengajak satu teman lagi bernama Ikhram. Jadilah kami berombongan ber-4.

Malam tanggal 22 Februari sekitar jam 18.30 aku janjian dengan mas Arif di halte busway kunigan timur untuk selanjutnya menuju Slipi Jaya tempat kami akan kumpu bersama Pakcik Ikhram jg rombongan lain yang akan menuju Krakatau.  Sekitar jam 21.30 kami pun berangkat naik bus menuju Pelabuhan Merak. Sampai di Pelabuhan Merak sekitar jam 23.30, Aku, mas Arif n Pakcik mencari salah satu teman kami yang berangkat dari Bekasi yaitu mas Ferhat. Akhirnya ketemu dan kami sudah kumpul dengan semua peserta, duduk di emperan minimarket yang selalu penuh dengan pembeli sampai ngantri2 itu di bagian kasirnya, Kami menunggu kapal lumayan lama, sambil berkenalan dengan peserta lainnya.

Akhirnya sekitar jam 01.30 kami menaiki kapal ferry, agak repot yaa pengaturan dari petugas kapalnya dan akhirnya ada bbrp peserta n panitia yang terpisah kapal / beda kapal dengan rombongan lain. Sesampainya di kapal kami langsung mencari room AC lebih nyaman, Sampai di room AC kami langsung cari tempat/posisi untuk meluruskan badan lumayan bisa istirahat/tidur sebentar (jd ya room AC ini didalamnya itu terdapat semacam kayu yang dilapisi karpet bisa untuk tiduran). Kami pun tidur kurang lebih 3 jam, sampai di Pelabuhan Bakauheuni sekitar subuh, kami shalat subuh dulu. Setelah shalat kami berkumpul untuk naik angkot yang sudah di sewa oleh panitia sekitar pukul 5.30 kami berangkat.

Sampai di Dermaga Canti tempat yang akan membawa kami ke G. Anak Krakatau dan pulau-pulau sekitar sekitar pukul 7. Kami langsung sarapan.  Setelah sarapan kami bergegas ganti kostum untuk ke G. Anak Krakatau sekalian snorkeling, sebelum beangkatdari dermaga Canti ada briefing dari panitia. Saat briefing sekalian dibagi kelompok untuk naik kapal yang ditunjuk ada 2 kapal kecil dan 1 kapal besar. Aku n teman2 naik kapal ke-3 yaitu kapal kecil. Kami berangkat dari dermaga Canti sekitar jam 8.00 Sampai G. anak Krakatau jam 10.30, istirahat dan foto-foto narsis, mulai nanjak jam 12.30. Jalur menuju anak g.Krakatau ini di awalnya banyak ditumbuhi tanaman semacam pohon cemara, lanjut jalan lagi udara panas yang sangat menyengat banyak para peserta yang tidak sampai puncak, apalagi kondisi track yang berpasir menyulitkan bagi peserta yang pemula atau belum pernah mendaki gunung.

Selama perjalanan menuju puncak, kami lumayan sering berhenti bukan lantaran kami tidak sanggup tapi kami menikmati pemandangan sekitar yaitu hamparan laut yang biru dengan paparan sinar matahari dan langit yang cerah, membuat kami tak bosan untuk terus memandanginya. Kaki terus melangkah sambil hati bergumam menyebut Nama-NYA. Sampai di puncak, uwooww amazing, pemandangan super indah yang kami dapati, meskipun badan kami basah kuyup karena keringat, meskipun wajah kami terus terpapar sinar mentari, tapi dengan melihat pemandangan indah ini, semua terasa meluap, hilang seketika. Syukur Alhamdulillah kami ucapkan ketika sampai puncak, langsung kami bernarsis ria dengan foto berbagai pose, senorak mungkin, hahaha. Oya tidak lupa, Aku mengambil sedikit pasir puncak anak Krakatau untuk menambah koleksi pasir ku.

Selesai puas di puncak, kami pun turun, kami turun dengan cepat karena tracknya yang berpasir memudahkan kami untuk berlari tepatnya berselancar di atas pasir. Sampai di bawah sekitar pukul 13.20, Kami makan siang yag sudah disediakan oleh panitia lalu Kami berangkat menuju pulau lagoon cabe jam 13.30 untuk snorkeling. Berhubung ini pengalaman pertama Aku akan snorkeling, otomatis rasa takut dan parno akan air sangat besar, setelah dibantu oleh salah seorang panitia bernama mba Rere, Aku mencobanya tapi tetap tidak bisa, banyak air laut yang Aku minum tidak sengaja tentunya. Selesai snorkeling, Kami menuju Pulau Sebesi, disanalah penginapan kami, sampai di pulau ini sekitar jam 17.10. Kami bergegas ke homestay yang sudah dibagiakan oleh panitia untuk bersih-bersih dan istirahat. Matahari sudah pulang ke peraduannya berganti bulan dan bintang yang menyinari bumi malam itu, kami akan berkumpul di suatu aula jam 20 untuk makan malam. Saat makan malam semua panitia memperkenalkan diri lagi dan mengadakan beberapa kuis berikut hadiahnya. Makan malam selesai masih ada sesi 2 nya yaitu makan ikan bakar ditemani dg api unggun, suara ombak juga bintang dilangit yang Alhamdulillah malam ini cerah. Kelompok kami paling rakus saat mkn ikan bakar  ditambah 3 orang teman baru yaitu Risya, Mas Ramdan n Mba Dian, kami berkali-kali nambah ikan bakarnya, hehehe. Enakkk segarr ikan baru dari laut…

Sekitar pukul 23, Kami kembali ke penginapan, ternyata di rumah no.4 ini penghuni wanitanya tukeran dengan penghuni rumah no.2 yang cowok2, alhasil yang wanita cuma aku seorang…hohoho. Tidak masalah santai aja. Di penginapan kami tidak langsung tidur tapi masih ngobrol2 dengan salah satu panitia namanya Cahya Mikail, ternyata yaa travel yang kami ikuti ini sudah sering melakukan trip ke Krakatau. Di pulau ini listrik hanya nyala pada jam tertentu yaitu dari pukul 17.00 – 24.00, dan tepat tepat pukul 24 listrik padam barulah kami mulai tidur …good night

Esok harinya, aku bangun sekitar pukul 4.30, mandi, shalat subuh, lalu pergi ke pantai bareng dengan mas Ramdan. Sampai di pantai, cuaca lumayan mendung, sunrise pun tidak kami temui. Sekitar pukul 8.05 berangkatlah kami ke Pulau Umang untuk sarapan, sampai di P.Umang pukul 8.15, owowww pulaunya indaahhhh, dengan batu yang besaaar, Kami foto2 lalu sarapan, foto2 lagiii dengan berbagai macam gaya, keceriaan ada disetiap wajah kami para peserta. Selesai dari P.Umang kami melanjutkan perjalanan menuju pulau Sebuku Besar berangkat pukul 9.30 smp pulau tsb 9.40, snorkeling lagi sampai pukul 10.30, di pulau ini ada ubur2 banyak yang kena gigitannya, karna aku tidak ikut snorkeling kali ini jadi aku aman, hehehe. Dari sini, kami balik ke penginapan untuk bersih2 dan persiapan pulang. Dari pulau sebesi pukul 13.40 sampai dermaga Canti pukul 15.10 istirahat sebentar, angkot2 sudah menunggu kami, lalu kami berangkat 15.40 menuju bakauheni. Selama di perjalanan, angkot2 ini saling kejar-mengejar, angkot kelompok kami gabung dengan kelompok lain yang satu kapal/perahu dengan kami, hahaha seruu banget kebut-kebutan, salip-menyalip tidak lupa mampir sebentar membeli oleh2, sampai di bakauheni sekitar pukul 16.50, menunggu sebentar ternyata ada kapal yang siap berangkat sekitar pukul 17.20.

Kami naik kapal Ferry lalu mencari room AC agar lebih nyaman untuk beristirahat. Di ruangan ini ada sekelompok ibu-ibu yang doyaan banget karoke jadi sepanjang perjalanan ini full karokean, lumayanlah menutupi rasa takut kami karna di luar sedang tidak bersahabat, ombak tinggi, motor-motor yang diparkir banyak yang berjatuhan. Pengumuman agar pemilik motor lebih memperhatikan motornya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terus di suarakan oleh bagian informasi. Alhamdulillah akhirnya sekitar pukul 21.30 kapal Ferry ini bersandar di Pelabuhan Merak…ahhh kita semua selamat dan sehat. Perpisahan dengan panitia dan teman-teman lain, langsung menuju terminal untuk naik bus ke Jakarta atau tujuan masing-masing.

Cat:

Perjalanan ini kami tau dari web backpacker Indonesia, biayanya sebesar 350rb, belum termasuk ongkos bis ke merak n sewa alat snorkeling.
Sewa alat snorkeling 40rb, bus dr slipi jaya ke merak itu 20rb, begitu juga merak-jkt 20rb, tiket kapal ferry sekitar 15rb, masuk room ac di kapal ferry nambah 5rb, klo room executive itu 10rb ada karaoke/live music tp tidak bisa tiduran, klo yang ac bisa tiduran lebih nyaman ac sebenarnya.

"Seruuu itu Pasti, Kebersamaan itu Penting, PUNCAK/SUMMIT itu Bonus, Narsis itu WAJIB"